Mengenal Microblog di Instagram dan Cara Membuatnya
Blog merupakan sebuah medium dengan pengguna yang meningkat pesat di umurnya yang masih muda. Para penulis blog, menumpahkan ide-ide dan fakta-fakta yang mereka miliki ke dalam artikel yang panjang. Di jaman milenial ini, banyak sekali perubahan dan penggabungan hasil berpikir kreatif. Para penulis blog tidak perlu lagi menulis artikel sepanjang jalan kenangan di situs blog mereka. Loh memangnya bisa? Jelas bisa dong.
Perkenalkan, ini dia micro-blogging. Microblog dapat dibuat di berbagai media sosial, seperti Quora, Facebook, bahkan Instagram. Sebentar.. sebentar... itu apa sih? Microblog sendiri terdiri dari kata micro dan blog. Blog mini dong? Betul. Micro-blog merupakan blog yang menyatu dengan gambar, berisi tentang artikel disertai dengan judul, subjudul, dan informasi pendukung lainnya.
Microblog yang paling sering kalian temui ada pada Twitter. Namun, Twitter membatasi pengguna untuk dapat memberikan informasi sebanyak 280 karakter saja tiap tweet-nya. Masih bingung??? Pernah lihat postingan Instagram @designrant yang membahas tentang shopee.
Atau postingan tentang CV dari @karirmu.id
Micro-blogging di Instagram merupakan hal yang sangat menarik. Karena kalian dapat menikmati konten visual sekaligus pesan yang ingin disampaikan oleh penulis, dengan teks yang tentunya lebih sedikit dan lebih ringan dari blog di website.
Microblog merupakan salah satu jalan terbaik untuk membangun bisnis kalian. Microblog juga memberikan kesempatan kepada kalian untuk membagikan ide-ide brilian dan pendapat yang bermanfaat kepada orang lain.
Lalu, bagaimana sih cara membuat microblog di Instagram? Inilah beberapa tips yang dapat teman-teman ikuti.
1. Akun Instagram
Seperti yang kalian ketahui, ada 2 jenis akun yang dapat kalian buat di Instagram. Yaitu, professional account, dan personal account. Pilihlah professional account, lalu akan ada pilihan business atau creator. Pilih creator, dengan begitu kalian akan mendeskripsikan diri kalian sebagai seorang content creator.
Pada bagian profil, di bawah display name, juga terdapat kategori yang bisa kalian pilih sesuai dengan profesi atau keahlian. Fitur ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa kalian sebenarnya.
Lalu sebaiknya, akun kalian tidak perlu dikunci atau di-private. Ini akan memudahkan pembaca untuk mengakses konten-konten yang akan kalian posting.
2. Konten
Sesuaikan konten dengan tema spesifik blog kalian. Misal: olahraga. Jika terlalu luas, kalian bisa kerucutkan lebih kecil lagi menjadi tema “sepakbola”. Jika tema tersebut masih terlalu luas, kalian bisa kerucutkan lagi menjadi “sepakbola wanita”. Kalian harus selektif dan kreatif dalam memilih tema.
Pastikan kalian tidak mencampuradukkan dengan tema konten lain. Hal ini bertujuan untuk membentuk personal branding pada akun kalian, serta membantu pembaca agar tidak kebingungan dengan konsep micro-blog kalian.
Konten micro-blog yang umum beredar di Instagram, antara lain tips and trick, DIY, atau kisah inspiratif dan motivasi. Konten-konten tersebut berhasil menarik pembaca terlibat, hingga akhirnya meninggalkan like dan komentar pada postingannya.
3. Gambar
Instagram sendiri tidak terlepas dari gambar foto maupun video. Maka dari itu, micro-blog kalian wajib hukumnya untuk memasukkan gambar yang menarik dan relevan dengan isi konten kalian. Gambar ini akan memengaruhi minat baca penikmat blog kalian.
Kalian juga bisa menulis pada gambar. Hah maksudnya? kalian jadikan saja slide gambar untuk menulis. Kalian dapat menggunakan teknik Carousel untuk memperindah bentuk postingan.
Carousel merupakan gambar bersambung dari slide awal sampai akhir. Carousel dapat membantu gambar konten kalian agar lebih menarik. Jika kalian menulis di gambar, isi caption kalian dapat dimasukkan informasi tambahan ataupun CTA. Berikut contoh penggunaan Carousel di Instagram.
Saat ini banyak website desain gratis yang menyediakan template Carousel. Jika kalian punya hobi desain, kalian bisa membuatnya sendiri di Photoshop, Corel draw, bahkan di powerpoint! Tentunya ini akan menjadi nilai plus untuk kalian.
Instagram sendiri mempunyai aturan ukuran gambar atau video yang dapat diunggah ke Instagram. Ukuran ini menjadi acuan kalian untuk membuat teks yang sesuai dan saling mendukung keseluruhan konten. Kalian dapat mengakses peraturan ukuran gambar video pada Instagram disini.
4. Caption
Perhatikan batas karakter pada caption yang berjumlah 2200 karakter. Kalian bisa memaksimalkan limit ini, bukan berarti kalian masukkan teks sampai penuh ya. Teks yang banyak juga rentan terhadap menurunnya minat pembaca. Cukup kalian isi dengan informasi singkat yang ingin disampaikan. Jika kalian mengunggah banyak gambar, caption singkat tentang informasi tiap gambar juga akan membantu pembaca. Di caption merupakan isi artikel yang menerangkan foto.
Jika kalian menulis pada gambar dan menggunakan teknik Carousel, maka pemilihan jenis huruf akan sangat memengaruhi keindahan postingan kalian. Sesuaikan jenis huruf dengan desain gambar. Huruf yang tepat dapat menstimulus pembaca dan mengarahkan perhatian mereka terhadap kalimat tertentu yang ingin kalian fokuskan.
Kepenulisan isi konten juga tidak terlepas dengan adanya emoji. Emoji dapat menggambarkan perasaanmu secara singkat dan spesifik. Penggunaan emoji dapat membantu kalian menyampaikan informasi, tetapi yang perlu diingat adalah konsep akun microblog kalian juga berpengaruh.
Untuk memancing komentar, kalian dapat menambahkan pertanyaan pada caption. Pembaca akan sangat senang jika pemilik blog interaktif. Kalian juga bisa meminta kritik, saran, dan mengucapkan terima kasih. Jangan lupa untuk membalas komentar mereka juga ya.
5. Copywriting
Lho.. kok ada copywriting segala sih? Ini penting untuk kalian yang menggunakan microblog sebagai bisnis. Copywriting dapat memudahkan kalian untuk mencari target pasar yang sesuai. Teknik ini juga dapat meningkatkan traffic postingan kalian.
Kalian harus membuat tulisan copy yang berkualitas agar pembaca tertarik. Kebutuhan pembaca sangatlah penting untuk kalian ketahui, dengan begitu kalian tidak salah sasaran. Kalian dapat mempelajari teknik copywriting secara gratis ataupun berbayar di kursus online.
6. Tag
Hashtag atau kata kunci yang kalian sematkan pada caption dapat membantu orang-orang untuk menemukan blog kalian. Gunakanlah kata kunci yang relevan dengan isi konten. Ingat, awali dengan tanda pagar “#” dan tanpa spasi.
Di setiap postingan baru, kalian dapat memasukkan hingga 20 hashtag. Tetapi, menurut algoritma terbaru Instagram, cukup dengan 3-5 hashtag yang akan terbaca. Maka dari itu, pemilihan hashtag sangatlah penting. Gunakan mesin keyword untuk memilih hashtag apa yang sedang trending.
Kalian juga bisa menambahkan location tag atau lokasi. Location tag juga dapat digunakan sesuai dengan isi konten. Tag ini akan memberikan informasi kepada pembaca, terkait relevansi isi konten blog.
7. Call to Action
Call to Action atau CTA merupakan sebuah trik yang ditujukan kepada pembaca untuk menyukai, mengomentari, membagikan, dan juga menyimpan postingan kalian. Ajakan ini dapat ditempatkan di gambar slide maupun di caption. Semakin banyak orang yang berinteraksi dengan postingan kalian, maka insight-nya juga akan meningkat. Berikut contoh penggunaan CTA.
8. Filter
Instagram tanpa filter, bagai taman tak berbunga… ya betul sekali. Kekuatan Instagram berada pada visualnya. Kalian perlu memilah filter yang senada agar postingan kalian rapi dan sedap dipandang. Desain yang menarik juga menjadi kewajiban dalam membangun karakter akun kalian.
Instagram menyediakan banyak filter secara gratis baik di postingan feed ataupun story-nya. Yang perlu kalian lakukan adalah memilih foto mana yang akan diunggah, lalu tetapkan satu filter yang cocok.
9. Link in Bio
Kalian mempunyai blog utama dengan bahasan lebih mendalam? Atau kalian memiliki kanal Youtube pribadi? Kalian dapat menaruh tautan pada bio profil Instagram kalian. Instabio atau linktree memudahkan kalian untuk membuat satu tautan utama yang mengakomodir banyak tautan di dalamnya. Berikut contoh penggunaan tautan pada bio.
10. Kombinasikan Semuanya
Blog kalian mulai dikenal banyak orang? Bagaimana cara mempertahankan pengikut kalian? Salah satunya dengan mengadakan perlombaan. Kalian bisa membuat kontes dengan syarat mengikuti akun kalian, membagikan pada story, komentari dan tag teman, dan juga menggunakan hashtag yang kalian buat sendiri.
Promosi ini juga bisa digunakan dalam bentuk giveaway hadiah kepada pengikut setia akun kalian. Kalian harus pintar memadupadankan setiap fitur yang diberikan oleh Instagram.
11. Insight
Instagram insight adalah fitur yang diberikan Instagram untuk mempermudah pemilik akun memantau traffic dan interaksi pada akun kalian. Insight hanya bisa digunakan pada jenis akun profesional saja ya.
Dalam fitur ini, kalian dapat melihat identitas dan geografi followers. Pada tab audience, informasi tentang jenis kelamin, usia, lokasi followers blog dapat diketahui. Kalian dapat menentukan target dari data tersebut untuk postingan selanjutnya.
Kalian bisa juga melihat kapan followers mengakses postingan kalian. Dengan begitu, kalian mempunyai waktu acuan yang tepat untuk mengunggah konten-konten kalian.
Kunjungan profil dan website pada akun Instagram bisnis kalian dapat diketahui pada tab Activity. Informasi terkait berapa kali akunmu dilihat oleh orang lain, berapa kali followers-mu mengunjungi website dari tautan di bio, dapat kalian temukan disini.
Pada bagian reach, kalian dapat melihat jangkauan audiens yang melihat postingan kalian. Jadi, kalian dapat melihat pengaruh sebuah postingan terhadap orang lain. Apakah mereka suka atau tidak dengan postingan kalian.
Pada setiap postingan juga terdapat tombol view insights. Fitur ini lebih terfokus pada insights masing-masing postingan kalian.
12. Konsisten
Konsisten menjadi kunci utama dalam membuat microblog. Jika kalian tidak sanggup untuk posting setiap hari, buatlah seminggu sekali. Jika seminggu sekali juga tidak sanggup, maka buatah dua minggu sekali, begitu seterusnya. Tetapi, yang perlu diingat adalah konsisten dan rutin dalam membuat postingan.
Kalian dapat membuat jadwal postingan untuk memudahkan manajemen. Kalian tidak perlu menyewa pegawai untuk mengunggah konten kalian. Kesadaran dan usaha yang sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil yang baik untuk kita. Hilangkan pertanyaan bagaimana cara untuk konsisten? Bagaimana cara agar serius? Yaitu dengan terus bergerak dan tidak berhenti untuk menyerah.
Itu tadi beberapa tips yang dapat membantu kalian dalam pembuatan microblog di Instagram. Kalian dapat mencobanya dengan konsep yang kalian sudah bentuk dari awal. Tunggu apa lagi, ayo buat microblog-mu sekarang!
Sumber:
Komentar
Posting Komentar
Jangan spam, komen yang baik!
menerima kritik dan saran.